KEPRI.DISWAY.ID - Kinerja sektor transportasi laut domestik di wilayah kerja Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BUP BP) Batam menunjukkan tren positif.
Sepanjang triwulan pertama 2025, jumlah penumpang yang melalui terminal domestik di bawah pengelolaan BP Batam mengalami kenaikan sebesar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Deputi Bidang Pengelolaan Bandara, Pelabuhan, dan Lalu Lintas Barang BP Batam, Ruslan Aspan mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang tersebut menjadi cerminan dari meningkatnya kepercayaan publik terhadap pelayanan transportasi laut.
"Pertumbuhan jumlah penumpang di terminal penumpang domestik pada triwulan I 2025 menunjukkan bahwa upaya kami dalam menjaga kualitas pelayanan serta meningkatkan infrastruktur dan digitalisasi pemesanan tiket secara online telah memberikan hasil yang positif. Kami akan terus berinovasi demi mendukung mobilitas masyarakat antarwilayah domestik," ungkap Ruslan Aspan saat dikutip, Senin 28 April 2025.
Berdasarkan data operasional yang dirilis, jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari empat terminal domestik utama—yakni Terminal Sekupang, Telaga Punggur, Harbour Bay, dan Pelni—mencapai 981.320 orang.
Angka tersebut mengalami lonjakan 9 persen dibandingkan dengan capaian pada triwulan I tahun 2024 yang berada di angka 896.955 orang.
Lebih lanjut, Ruslan menegaskan bahwa BP Batam akan terus meningkatkan kualitas pelayanan pelabuhan dengan memperkuat fasilitas fisik, pengembangan sumber daya manusia (SDM), hingga sistem pelayanan digital yang terintegrasi.
"Langkah ini sejalan dengan komitmen Kepala BP Batam dan Wakil Kepala BP Batam dalam mewujudkan layanan yang efisien, aman, dan andal demi mendukung konektivitas antarwilayah di wilayah Batam dan sekitarnya," jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Ruslan juga memberikan klarifikasi terkait status terminal roro di Telaga Punggur.
Dirinya menegaskan, bahwa terminal tersebut tidak berada dalam cakupan wilayah kerja Badan Usaha Pelabuhan BP Batam.
"Wilayah kerja kami mencakup terminal-terminal penumpang domestik di bawah pengelolaan BP Batam, yaitu Terminal Domestik Telaga Punggur, Sekupang, dan Harbour Bay. Sementara itu, Terminal Roro Telaga Punggur dikelola oleh BUMN yakni PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," ucapnya.