Layanan Kesehatan Lebih Mudah, BPJS Batam Hadirkan Kanal Aduan Online

Logo BPJS Kesehatan-(Dokumen Istimewa / Net)-
KEPRI.DISWAY.ID - Demi meningkatkan kemudahan layanan, BPJS Kesehatan Cabang Batam, Kepulauan Riau (Kepri), kini menyediakan berbagai kanal pengaduan.
Kanal laporan digital tersebut, dapat digunakan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), untuk menyampaikan keluhan tanpa harus antre atau datang ke kantor cabang.
Kepala Bagian SDM, Umum, dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Batam Ilham mengungkapkan, langkah ini bertujuan agar peserta bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, praktis, dan efisien.
“Kalau sejauh ini, kami berencana meningkatkan kanal-kanal pengaduan, kita menggalakkan seperti melalui Mobile JKN. Jadi masyarakat tidak perlu ke kantor untuk melakukan pengaduan,” ungkap Ilham saat dikutip, Senin 23 Juni 2025.
BACA JUGA : Penjualan Pulau Lewat Internet Kembali Terjadi, Wamendagri Melakukan Penelusuran
BACA JUGA : Pemprov Kepulauan Riau Tegaskan Status Sah Polemik Pulau Pekajang
Adapun sejumlah kanal pengaduan digital telah disiapkan BPJS Kesehatan Batam, di antaranya BPJS Kesehatan Care Center 165, Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp), media sosial, dan aplikasi Lapor!.
Tak hanya itu, peserta juga bisa menyampaikan langsung keluhan mereka saat berada di fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
Hal ini termasuk masalah layanan atau fasilitas pendukung di faskes tersebut, yang nantinya akan dikoordinasikan dengan instansi terkait.
Dengan sistem dan kanal pengaduan digital ini, BPJS Kesehatan berharap peserta JKN di Batam dan sekitarnya bisa merasa lebih nyaman dan aman dalam mendapatkan layanan kesehatan.
Sumber: